14 Alasan Mengapa Membaca Bagus untuk Kesehatan Anda

14 Alasan Mengapa Membaca Bagus untuk Kesehatan Anda

Tahukah Anda ternyata membaca bagus untuk kesehatan Anda? Seperti yang bisa dikatakan pembaca buku yang rajin, membenamkan diri dalam buku yang bagus bisa membuat otak Anda menjadi hidup. Kedengarannya romantis, tetapi sains sekarang membuktikan ini benar.

Baca Juga: Keuntungan Teknologi untuk Kehidupan Modern

Ketika kita membaca, bukan saja kita meningkatkan ingatan dan empati, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa itu membuat kita merasa lebih baik dan lebih positif juga. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa membaca memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk membantu dengan depresi, mengurangi stres, dan mengurangi kemungkinan mengembangkan Alzheimer di kemudian hari.

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur, Anda mungkin kehilangan kesempatan. Infografis yang disediakan oleh The Expert Editor ini mungkin hanya menginspirasi Anda untuk menjadi pembaca yang rajin, demi kesehatan Anda.

Anda mungkin tidak berpikir tentang hal ini sama sekali karena Anda merasa nyaman dan akan membuka buku, tetapi membaca adalah kegiatan yang dapat membuat Anda lebih tajam, lebih kuat, lebih bahagia, dan memiliki hubungan yang lebih baik untuk boot.

Baca Juga: 10 Kerugian Menjadi Kutu Buku dan Cara Memperbaikinya

Membaca adalah latihan untuk otak yang dapat memperkuat jalur saraf serta membuat yang baru. Tenggelam dalam sebuah buku dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Dari mendorong perkembangan otak anak-anak hingga mencegah demensia pada orang tua, membaca dapat menjadi kunci untuk hidup lebih baik dan lebih lama.

Kata-kata Tertulis Belum Pernah Ada Selama Itu

Bukti pertama bahasa tertulis kembali sekitar 5000 tahun yang lalu. Namun, manusia sudah ada sekitar 200.000 tahun. Kerangka waktu di mana manusia memperoleh bahasa lisan adalah antara 200.000 tahun yang lalu dan 50.000 tahun yang lalu. Manusia-manusia ini mungkin buta huruf. Menulis dan membaca menggerakkan otak manusia, dan mengubah peradaban manusia.

Membaca Mempengaruhi Otak Anda

Apa yang terjadi ketika manusia yang sudah mengalami literasi membaca kata-kata tertulis? Kata ini diproses dari mata ke lobus oksipital di bagian belakang otak. Kata itu kemudian dikenali di fusiform gyrus kiri, bagian dari otak yang hanya dikembangkan pada orang yang melek huruf.

Diakui sebagai simbol, dan bukan sebagai pola atau bentuk, kata dan hurufnya dapat diidentifikasi dalam font, huruf, atau jenis huruf apa saja. Data ini selanjutnya diproses di area bahasa di lobus frontal dan temporal otak, yang dapat menguraikan makna kata dan juga cara pengucapannya.

Apakah Anda sedang belajar buku untuk sekolah, atau hanya membaca untuk kesenangan, alur cerita, karakter, subplot, dan berbagai detail lainnya yang membentuk sebuah buku merangsang memori Anda dan kemampuan untuk mengingat. Konsumsi puisi kompleks telah terbukti sangat membantu dalam merangsang fungsi otak di bidang bahasa dan memori pribadi.

Baca Juga: Cara Melipat Pakaian Tanpa Kerutan

Puisi dari Shakespeare, Wordsworth, T.S. Eliot, dan lainnya digunakan dalam penelitian 2006 di University of Liverpool. Ditemukan bahwa semakin kompleks teksnya, semakin kuat aktivitas yang ditunjukkan di area bahasa otak.

Selain itu, bagian otak yang terkait dengan ingatan pribadi juga ditemukan aktif selama membaca, yang menunjukkan bagaimana puisi dapat mendorong kita untuk menarik dari pengalaman pribadi.

Otak Anda dapat tetap aktif bahkan setelah membaca buku Anda. Peningkatan aktivitas otak yang terkait dengan membaca halaman-halaman buku pada malam sebelumnya ditemukan berlangsung setidaknya beberapa hari setelah membaca, menurut sebuah studi 2013 di Emory University.

‘Aktivitas bayangan’ ini bersifat analog untuk memori otot, dan ditunjukkan pada korteks temporal kiri, area yang berhubungan dengan bahasa.

Baca Juga: Cadillac To Go Electric By 2030, Penemuan Baru dalam Dekade Ini

Apakah cara Anda membaca membuat perbedaan dalam cara otak Anda merespons? Ya, cara membaca membuat perbedaan. Faktanya, otak bereaksi secara berbeda terhadap berbagai jenis fokus saat Anda membaca. Dalam sebuah studi 2012 di Stanford University, aliran darah di otak diperiksa melalui pencitraan resonansi magnetik fungsional ketika orang membaca Jane Austen.

Saat membaca dengan cara yang terfokus, mirip dengan cara Anda belajar untuk ujian, aliran darah meningkat secara global, menunjukkan bahwa perhatian yang terfokus selama membaca mengharuskan orkestrasi dari banyak fungsi kognitif yang berbeda. Ketika subjek diminta untuk membaca dengan santai, daerah yang berbeda dari yang disempurnakan oleh bacaan fokus mengalami peningkatan aliran darah.

Membaca Mempengaruhi Kesehatan Mental dan Fisik Anda

Telah terbukti bahwa membaca dapat mengurangi tingkat stres hingga 68%. Jika Anda memasukkan bacaan ke dalam ritual tidur Anda, Anda dapat membantu diri Anda tidur lebih baik juga. Anda mungkin ingin menghindari menggunakan komputer atau e-reader Anda untuk membaca ketika Anda hendak tidur.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di PNAS menemukan penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur dapat mengganggu waktu tidur dan ritme sirkadian Anda. Jika Anda menemukan diri Anda mengetik di komputer Anda menulis tesis atau disertasi Anda setiap malam dan tidak cukup tidur, pertimbangkan untuk mengedit pekerjaan Anda secara profesional.

Baca Juga: Kapal Luar Angkasa ‘Star Wars’ Dirancang Porsche

Pasien yang depresi terbukti mendapat manfaat dari membaca cerita dengan keras bersama orang lain, serta membaca buku-buku self-help yang dapat membantu meningkatkan suasana hati mereka. Orang lanjut usia yang secara teratur membaca buku atau berpartisipasi dalam tugas yang melibatkan mental adalah dua setengah kali lebih kecil untuk mengembangkan Alzheimer.

Empati adalah kualitas yang dapat dikembangkan dari membaca buku. Ketika Anda membaca tentang karakter dalam cerita, Anda dapat memahami dari mana karakter itu berasal. Kemampuan ini dapat dilakukan dalam hidup Anda, dan hubungan yang lebih baik dapat terbentuk sebagai hasilnya. Memiliki jejaring sosial yang baik telah ditemukan untuk membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih panjang

Membaca Meningkatkan Perkembangan Anak

Anak-anak yang membaca dapat memperkirakan apa yang mereka pelajari dalam buku untuk berbagai skenario. Hal-hal seperti sebab dan akibat, empati, dan penilaian rasional atau moral adalah beberapa hal yang dapat dipahami anak-anak dari membaca.

Anak-anak kecil yang sedang belajar membaca mulai mengembangkan fusiform gyrus kiri otak mereka, di mana kata-kata dan huruf yang dipelajari disimpan. Semakin banyak mereka membaca, semakin banyak koneksi yang terbentuk antara bagian visual dan bahasa otak.

Pergi dan Cari Buku untuk Dibaca

Seperti yang Anda lihat, membaca tidak hanya dapat memperkuat otak Anda tetapi juga mempengaruhi banyak bidang kehidupan Anda. Apa yang kamu tunggu? Lakukan perjalanan ke perpustakaan setempat atau toko buku, dan ambil buku yang menarik untuk dibaca hari ini!

Nah, itulah alasan mengapa membaca bagus untuk kesehatan. Selain itu Anda juga dapat bermain judi online dengan mudah atau mengisi waktu luang membaca segala informasi tentang pekerjaan di sini.